Halaman

Senin, 17 Februari 2014

kode BEEP BIOS



kode BEEP BIOS
Kadang kita jadi bingung pada sa’at PC yang sedang kita gunakan untuk suatu kegiatan tiba-tiba ‘ngadat’ dengan alasan yang tidak jelas. Kita kadang bertanya-tanya apa gerangan penyebabnya, dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk troubleshooting-nya.
Sebuah perangkat yang terdapat dalam CPU terlihat kurang berguna, digunakannya hanya sekali-sekali saja. Tetapi ternyata membawa manfaat yang sangat besar bagi orang yang mengetahui. Perangkat itu tak lain dan tak bukan yaitu speaker.
Dari speaker kecil yang biasa hanya berbunyi sekali dua kali itu sebetulnya kita sudah diberikan morse tentang kondisi pc kita. Pada saat dibunyikan kadang berbunyi panjang, pendek, sekali, atau lebih. Lain padang lain ilalang, lain BIOS lain pula kodenya, maka dari itu saya catatkan untuk BIOS kali ini khusus untuk AWARD BIOS.
- Beep 1 x panjang , 2 x pendek Kemungkinan Gangguan : Video adapter error, Video adapter rusak atau  tidak terpasang dengan baik, kabel Monitor mungkin tidak terpasang dengan baik pada Video adapter
- Beep Panjang Berulang tanpa henti
Kemungkinan gangguan : Memory error , cek pemasangan memori (cabut kemudian pasang ulang, sebaiknya bagian tembaganya dibersihkan dulu dengan penghapus pinsil). Atau ada kemungkinan memori rusak silahkan cek dengan Software khusus untuk mengetes memori
- Beep 1 x panjang, 3 x pendek
Kemungkinan gangguan pada video/VGA card, video card belum terpasang atau rusak.
- Beep dengan suara keras saat pc hidup
Kemungkinan gangguan terjadi karena terlalu panas pada cpu (Overheat), cek kipas processor dan kipas lain di cpu serta sirkulasi udaranya.
- Beep berulang-ulang dengan keras atau tidak pelan :
Gangguan terdapat pada processor, kemungkinan Processor tidak terpasang dengan baik, atau rusak.Cek kipas Processor dan setingan bios tentang kecepatan kipas cpu.
Kita mungkin sering mendengar bunyi Beep pada saat mulai menghidupkan komputer, namun terkadang kita tidak mengetahui arti dari bunyi tersebut. Pada saat komputer mulai di nyalakan, proses booting dimulai dengan melakukan serangkaian proses pengecekan hardware yang terpasang, proses ini di sebut proses POST (Power On Self Tes), pada proses ini komputer akan melakukan pengecekan pada beberapa perangkat seperti power supply, motherboard, I/O bus controller, memory (RAM), keyboard, mouse, dan beberapa perangkat pendukung lainnya.
Apabila pada proses ini semua perangkat dalam keadaan normal, maka komputer akan mengeluarkan bunyi beep. Bunyi beep tersebut adalah bunyi beep dari BIOS sebanyak 1-2 kali (tergantung pada merek BIOS komputer yang bersangkutan. sebaliknya apabila pada saat proses booting berlangsung terdapat kesalahan, maka proses akan berhenti dan pada layar komputer akan menampilkan pesan kesalahan yang terjadi dan di ikuti dengan bunyi beep dengan ciri tersendiri. Masing-masing vendor BIOS mempunyai ketentuan kode tersendiri. Hal ini terkadang membingungkan bagi orang awam, apalagi saat ini terdapat banyak merek dan jenis BIOS yang ada di pasaran. Namun saya berharap, tulisan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai BIOS yang terdapat pada komputer anda.
Saat ini terdapat beberapa vendor BIOS yang cukup terkenal, diantaranya adalah IBM Bios, AMI Bios, AWARD Bios, dan PHOENIX Bios. Namun umumnya yang paling sering di jumpai, baik pada komputer rakitan maupun komputer bermerek adalah tiga vendor yang terakhir, yaitu AMI, AWARD, dan PHOENIX. Untuk mengetahui pabrik pembuat BIOS komputer anda, cukup dengan memperhatikan layar monitor pada saat proses booting berlangsung, namun jika tidak berhasil, lakukan dengan cara kedua yaitu dengan masuk ke menu setup BIOS dengan menekan tobol DEL, atau F2 (tergantung pada jenis BIOS anda), setelah masuk ke menu BIOS, anda tinggal memperhatikan tulisan yang terdapat pada bagian paling atas, Biasanya akan terdapat nama perusahaan pembuat BIOS tersebut.
Contoh Phoenix BIOS
berikut ini saya ambilkan beberapa contoh kode beep untuk PHOENIX BIOS
Beep
Error Message
Descriptions
1 Panjang, 2 Pendek
VGA Error
VGA tidak terdeteksii, atau tidak tertancap dengan benar pada slotnya.
Beep terus menerus
Memory Error
Masalah terdapa pada memory utama.
Beep keras pada saat kondisi jalan
CPU Overheating
Temperatur CPU terlalu tinggi.
1 panjang 3 pendek
Memory Video bad
VGA tak terdeteksi
Beep tingi-rendah berulang
CPU
CPU tidak terdeteksi atau tidak terpasang dengan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lain- lainya

Tentang Saya

Pengikut